Minggu, 29 April 2012

Manfaat Berkompetisi

Ketika kita memikirkan sebuah kompetisi, mungkin kita tidak mengasosiasikannya dengan hal yang lebih bermanfaat. Kita cenderung berpikir bahwa persaingan dalam bentuk apapun merupakan hal yang buruk. Tetapi tunggu dulu! Ada banyak aspek positif dalam persaingan dan dengan mempelajarinya, sebenarnya kita akan mendapatkan banyak manfaat dari persaingan tersebut. Manfaat dari persaingan ini tidak hanya berlaku untuk bisnis, perlombaan ataupun pekerjaan, tetapi juga dalam kehidupan pribadi. Adapun hal yang bisa kita dapat dari persaingan adalah kita bisa melihat sesuatu dengan cara yang berbeda. 


Tetap waspada
Tanpa adanya kompetisi, kita akan selalu terlena dalam keadaan nyaman, tidak ada kehawatiran, ini akan rentan dan rawan dari kesalahan yang akan dibayar mahal, dengan adanya kompetisi disekitar, kita dapat tetap menjaga dan membuka mata untuk menangkap setiap detil kejadian.

Membantu menilai kekuatan dan kelemahan
Dengan kompetisi, kita mempunyai cara untuk mengukur seberapa baik atau seberapa burukkah yang kita lakukan. Mengetahui apa yang baik dan apa yang tidak adalah sangat penting, karena sukses adalah tentang menonjolkan kekuatan dan menyembunyikan semua kelemahan. Seberapa baik kita melakukannya itu menentukan seberapa jauh kita pergi.

Membuat Anda kreatif
Tanpa kompetisi, bagaikan hidup tanpa gairah. Untuk meningkatkan gairah, kita perlu kreativitas karena dengan kreativitas ada kesempatan membawa yang terbaik ke dalam diri kita. Tanpa persaingan, kita tidak akan pernah bisa mengukur seberapa besar kemampuan kita

Membantu mengelola kesuksesan & kegagalan
Jika semuanya selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan, apakah ada pelajaran yang pernah kita pelajari? Tanpa kompetisi, kehidupan akan terasa cukup membosankan dan sangat cepat! Persaingan memaksa kita untuk berpikir kreatif, dan karena hal inilah mengapa olahraga merupakan pengalaman yg penting bagi anak-anak untuk tumbuh dewasa. Ini membantu mereka untuk bereaksi dalam urusan  menang atau kalah. Kompetisi yang kita kenalkan pada anak, akan mengasah keterampilannya sejak dini.

Meningkatkan kualitas
Setiap persaingan akan memaksa kita untuk meningkatkan kualitas yang kita miliki. Memperbaiki dan bergerak ke depan merupakan bagian dari evolusi, dan dengan persaingan memastikan bahwa kita terlibat dalam permainan disetiap saat. Semakin baik apa yang kita dapatkan, maka apresiasi positif akan kita temukan di sekitar kita, yang merupakan salah satu pencarian kita yang terus-menurus yaitu penerimaan.

Menjadikan lebih tekun
Ketika kita melihat seseorang lebih maju dari kita dan akan melakukan apapun yang diperlukan untuk mengejar mereka, itulah inti dari ketekunan. Kita tidak menyerah sampai kita berada di atas. Tanpa persaingan, kita tidak punya alasan untuk bertahan. Kita tidak akan tahu batas kemampuan kita dan seberapa jauh kita dapat menjangkau mereka. hadiah dari ketekunan adalah kesuksesan.

Perencanaan jangka panjang
Ketika kita tekun, kita wajib untuk mempunyai rencana, harus memiliki arah dan tujuan. Tanpa kompetisi, kita tidak akan tahu dimana garis finish-nya. Bagaimana kita bisa sampai di sana? Mempunyai "peta" yang jelas dan ringkas apa yang perlu kita lakukan untuk mencapai titik yang diinginkan, hal ini penting jika kita ingin mencapai sesuatu dalam hidup. Bersaing mendorong kita memiliki sebuah rencana untuk melaksanakannya, karena itulah satu-satunya cara untuk dapat benar-benar berada dalam permainan dan memiliki kesempatan untuk memenangkannya. 

quoted from: Fanspage Rider

0 komentar: