Jumat, 30 September 2011

TQM (Total Quality Management)

Total Quality Management merupakan sistem manajemen yang mengikutsertakan seluruh anggota organisasi dalam menerapkan konsep dan teknik kendali mutu untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dan orang yang mengerjakannya.

Ciri-ciri dari TQM, yaitu:
- Melibatkan seluruh karyawan dari semua tingkatan yang dikenal dengan manajemen partisipatif.
- Menerapkan konsep pengendalian mutu, dengan memutar daur PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang dikenal kemudian sebagai delapan langkah pemecahan masalah.
- Menerapkan metoda statistik, sebagai salah satu alat pemecah masalah.


Sasaran yang ingin dicapai TQM adalah kepuasan pelanggan memastikan mutu kepada pelanggan, menumbuhkan kerjasama yang baik dari seluruh karyawan dari semua tingkatan serta kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan.

Konsep TQM adalah memformulasikan hubungan antara manajemen perusahaan, sistem, karyawan serta konsumen sebagai sasaran akhir produk, yaitu dengan menciptakan iklim perbaikan secara terus menerus melalui pemanfaatan teknik statistik guna pengambilan keputusan.

Alat yang dapat digunakan untuk pelaksanaan TQM, antara lain:
- Quality Function Deployment (QFD)
- Design for Manufacture (DFM)
- Foult Tree Analysis (FTA)
- Design of Experiment (DOE)
- Statistical Process Control (SPC).


Prof. Dr. Ir. Marimin MSc. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo: Jakarta

0 komentar: