Jumat, 30 September 2011

HOQ (House Of Quality)

Matriks House of Quality (HOQ) adalah bentuk yang paling dikenal dari representasi QFD. Matriks ini pada dasarnya terdiri dari dua bagian utama. Bagian horizontal dari matriks berisi informasi yang berhubungan dengan konsumen dan ini disebut customer table. Bagian vertikal dari matriks berisi informasi teknis sebagai respon bagi input konsumen dan disebut dengan technical table

HOQ digunakan oleh tim di berbagai bidang untuk menerjemahkan persyaratan konsumen (customer requirement), hasil riset pasar dan benchmarking data, ke dalam sejumlah target teknis prioritas (Gaspersz, 2001).

Jenis matriks HOQ bentuknya bermacam-macam. Bentuk umum dari matriks ini terdiri dari enam komponen utama:
1. Voice of Customer (WHATs) → Daftar persyaratan terstruktur yang berasal dari persyaratan konsumen.
2. Technical Respone (HOWs) → Daftar karakteristik produk terstruktur yang relevan dengan persyaratan konsumen dan terstruktur.
3. Relationship Matrix → Matriks ini menggambarkan presepsi tiom QFD mengenai keterkaitan antara technical dan customer requirement. Skala yang cocok diterapkan, dan digambarkan dengan menggunakan simbol sebgai berikut.
● = Melambangkan hubungan kuat
○ = Melambangkan hubungan sedang
∆ = Melambangkan hubungan lemah
4. Planning Matrix (WHYs) → Menggambarkan persepsi konsumen yang diamati dalam survey pasar. Termasuk di dalamnya kepentingan relatif dari persyaratan konsumen, perusahaan, kinerja perusahaan dan pesaing dalam memenuhi persyaratan tersebut.
5. Technical Correlation (Roof) matrix → digunakan untuk mengidentifikasikan dimana technical requirements saling mendukung atau saling mengganggu satu dengan yang lainnya di dalam desain produk. Matriks ini dapat mengetengahkan kesempatan untuk inovasi.
6. Technical priorities, benchmarks and targets → digunakan untuk mencatat prioritas yang ada pada matriks technical requirements, mengukur kinerja teknik yang diperoleh oleh produk pesaing dan tingkat kesulitan yang timbul dalam mengembangkan requirement. Output akhir dari matriks adalah nilai target untuk setiap technical requirement.  

Prof. Dr. Ir. Marimin MSc. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo: Jakarta

Silvia, Evanila. 2007. Disain Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Prediksi Kualitas Gula Kristal Putih. Institut Pertanian Bogor: Bogor

0 komentar: